Join The Community

Premium WordPress Themes

Rabu, 24 April 2013

CARA MEMPERBAIKI LCD MONITOR

Baru saja saya dapat pasien  LCD MONITOR KOMPUTER  dengan keluhan / kerusakan mati total.
akhir-akhir ini saya memang banyak atau sering mendapat pasien-pasien elektronik yang hampir di dominasi oleh kerusakan mati total ( matot ).
Bukannya saya sok pamer tapi itu juga berdasarkan apa yang saya lakukan dan saya kerjakan belakangan ini,entah apa itu penyebab kerusakan tersebut saya sendiri masih terus menyelidiki dari setiap kasus yang saya tangani ini.kalau saya boleh memprediksi,untuk saat ini kenapa banyak peralatan elektronik yang mengalami kerusakan bahkan sampai mati total ( matot ) mungkin karena faktor cuaca.
Cuaca yang tidak menentu bisa berpengaruh pada peralatan elektronik-elektronik di rumah kita..,kadang sebentar panas sebentar lagi hujan itu menyebabkan udara di ruang / di rumah kita menjadi lembab semua itu berdampak pada peralatan elektronik di rumah kita,komponen-komponen yang ada dalam rangkaian elektronik tersebut misalkan saja televisi,itu akan mudah dan cepat aus,sort / rusak terutama untuk komponen IC ( integrantet circuit ).komponen satu ini sangat rentan dengan cuaca yang lembab atau juga yang tidak menentu.tapi apa yang saya bilang di atas hanyalah prediksi penyebab dan faktor dari kerusakan-kerusakan elektronik,,ok sobat seperti yang saya judulkan di atas,untuk kali ini saya akan berbagi pengalaman saya ini untuk sobat semua.yaitu tentang bagaimana cara mengatasi / memperbaiki  LCD MONITOR .
Untuk pasien yang saya tangani ini adalah LCD MONITOR KOMPUTER LG 19" awal pemeriksaan saya langsung mulai dari cek kabel AC LCD.setelah saya cek kabel nya masih bagus lanjut pengecekan pada rangkaian POWER SUPLAY,mulai dari 4 dioda di bagian AC masuk kemudian ke elco 68/450v hasil ok,kemudian saya lanjutkan ke ICPOWERSUPLAY  juga masih bagus,setelah itu saya cek kabel-kabel yang menghubungkan vcc 12v dan 5v ke rangkaian driver dan tepat di ujung konektor,kabel vcc 5v mengalami korosi atau perapuhan serta putus lantas saya pikir waaahhh,,,,ini biyang koreknya,,,ketemu kamu yaaaa,,,.tanpa pikir panjang lagi langsung saja saya cari kabel pengganti.untung saja  saya masih punya cadangan kabel yang baru jadi tidak perlu beli lagi.setelah kabel tadi saya ganti saya pun beristirahat sejanak untuk refresing sambil menikmati secangkir kopi susu.tak lama setelah selesai istirahat saya pun sudah bersiap untuk segera mencobanya,begitu colokan / jack AC saya tancapkan ke listrik saya pun senang karena lampu indikator sudah menyala,namun apa yang terjadi? setelah beberapa detik lampu indikatornya berkedip-kedip kaya mata boneka...hahaha..."dari situ saya sudah mulai bingung ada apalagi ini,,???lansung saja jack AC saya cabut lagi terus saya ambil AVO METER saya cek dan telusuri satu demi satu rangkaian POWER SUPLAY   .


divaizz.blogspot.com


Mulai dari resistor,ic copel,capasitor semua dalam keadaan baik tidak ada masalah ataupun kendala,pencarian masalah atau letak kerusakan masih saya lanjutkan dan sekarang saya akan menuju ke dioda tegangan vcc out dari 12v dan 5v.


divaizz.blogspot.com


Setelah saya cek dioda tersebut, saya mendapati dioda untuk tegangan vcc 5v sort / rusak dengan sekatika itu juga saya langsung ganti  dengan  dioda yang baru.akhirnya walau saya sudah ganti dioda yang baru saya pun juga tak cukup puas untuk elco 680/25v tak luput juga dari incaran pengecekan saya dan itu benar all hasil elco tersebut juga aus / kering.bukan perlu tapi harus di ganti yang baru juga.tidk lupa saya mengulang untuk solderan di pcb tersebut agar dapat di pastikan semua solderan tidak ada yang retak alias coplok.Tahap demi tahap di atas sudah saya lalui kini saatnya saya untuk melakukan hal yang khusus yaitu interview memastikan semua dalam keadaan bagus.Dengan penuh keseriusan dan ketelitian tingkat tinggi  LCD MONITOR KOMPUTER  telah siap di uji coba.jack ac / stop kontak saya hubungkan lalu saya tekan tombol standbay akhirnya tugas saya pun selesai    LCD MONITOR KOMPUTERtelahmenyaladan normal kembali.

Demikian  pengalaman saya semoga saja apa yang saya share ini bermanfaat buat sobat.dan saya ucapkan banyak terima kasih telah berkunjung di blog saya ini

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.